Tutorial & Cara Menginstall Linux Menggunakan Flashdisk


Selamat Malam semua kali ini saya kan membagikan Artikel tentang Tutorial & Cara Menginstall Linux Menggunakan Flashdisk
Linux


UNeetbootin
UnetBootin adalah aplikasi open source yang berfungsi membuat bootable Live USB untuk berbagai distribusi Linux. Sehingga kita bisa menjalankan linux langsung dari USB Flashdisk untuk melakukan pemasangan Distro Linux ke Komputer/Netbook yang tidak terpasang Drive Optic CD/DVD, kelebihan lainnya adalah kita bisa mencoba Distro Linux tanpa memerlukan hardisk dan tidak mengganggu sistem atau data yang ada di hardisk.

Aplikasi ini bisa dijalankan di Windows 2000/XP/Vista atau linux.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai plugins lainnya. Selengkapnya tentang cara penambahan plugins, bisa dibaca di http://unetbootin.wiki.sourceforge.net/useplugin

Cara Penggunaan
UNetBootin, menyediakan fitur untuk langsung download Linux dari internet atau menggunakan file ISO (CD Image) yang sebelumnya sudah kita unduh. Flashdisk diperlukan berukuran 1 GB atau lebih besar dan menggunakan format file system FAT32. Untuk Sistem Operasi Windows Aplikasi ini tidak perlu di install, tetapi bisa langsung dijalankan saja.

Sebelum Anda mempraktekkan tulisan saya ini ada beberapa yang harus di persiapkan terlebih dulu diantaranya:
  1. Flashdisk 2 GB atau lebih besar lebih baik.
  2. ISO/CD distro Linux BlankOn yang harus Anda Unduh terlebih dulu bagi yang belum memiliknya (tidak harus BlankOn bisa juga distro lainnya).
  3. Unetbootin yang bisa Anda Unduh di situs resminya berikut ini:http://unetbootin.sourceforge.net/

Pertama Format Flashdisk Anda dengan jenis FAT32, jika Anda memakai Flashdisk yang sudah ada isinya, silakan backup dulu isinya ke hardisk atau ke media simpan lainnya dengan cara Salin-Tempel.

Format Flashdisk Anda
Klik dua kali file unetbootin-windows-568.exe telah Anda Unduh sebelumnya, atau Anda juga bisa melakukannya dengan cara Klik Kanan File unetbootin-windows-568.exe ->Open (hasilnya sama saja)

Tidak beberapa lama akan keluar tampilan Unetbootin, karena kita akan membuat Live USB dengan menggunakan ISO Distro Linux yang sudah kita Unduh sebelumnya klik saja menu yang ada tititk disebelah kanan “Diskimage” jangan lupa perhatikan juga bagian “Type” pastikan disitu sudah benar pilih “USB Drive” begitupun pada bagian “Drive” Anda harus benar-benar diperhatikan jangan sampai salah pada Flashdisk lainnya yang terpasang pada komputer (jika hanya 1 Flashdik yang terpasang gak bakalan salah), saya sarankan lebih baik jika ada beberapa Flashdisk yang terpasang silakan dilepas saja.

Lakukan pencarian pada folder kita meletakkan File ISO Distro Linux yang telah kita miliki, setelah ketemu klik “Open” jika keluar tampilan seperti saat pertama kita menjalankan Unetbootin klik saja “Ok”

Tidak beberapa lama kemudian akan tampil halaman proses Ekstrak ISO Distro Linux tersebut ke dalam Flashdisk yang kita miliki, lama proses yang dibutuhkan tergantung dari spesifikasi komputer yang kita miliki.


Akhirnya Proses pembuatan Live USB pada Flashdisk selesai juga, Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan OS yang sekarang Anda pakai silakan klik “Exit” tapi kalau Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan klik “Reboot Now” maka secara otomatis Komputer akan restart.
 


Agar bisa menjalankan Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan Setting BIOS Anda dengan USB FDD sebagai urutan pertama (tidak mutlak USB FDD, tergantung jenis Motherboard dan BIOS yang Anda pakai).
 

 
Dalam praktek pembuatan Artikel ini saya memakai Komputer dengan sepesifikasi sebagai berikut:
  • Motherboard: LGA (soket 775)
  • Processor: Dual Core E5300
  • RAM Memori: 2x512 MB (DDR2)
  • Flasdisk: 4 GB (merk rahasia)
  • OS: Windows XP SP3 bajakan (milik costumer)
  • Untuk mengambil gambar tangkapan layar saya menggunakan tombol Printscreen dan saya paste ke dalam GIMP for Windows selanjutnya saya Simpan sebagai PNG.
 
Sedangkan untuk melakukan posting saya memakai Distro Linux BlankOn, dengan beberapa aplikasi yang sudah terpasang secara otomatis, misalnya, untuk Edit Gambar saya menggunakan GIMP, untuk menulis artikel secara offline menggunakan LibreOffice Writer dan untuk posting ke blog menggunakan Browser Chromium.

1 comment

December 26, 2013 at 4:57 PM

Jika isi Blog Anda hasil Copy-Paste sebaiknya cantumkan sumbernya (biasakan untuk menghargai karya orang lain)

Walau bagaimanapun pemilik tulisan asli pasti akan kenal tulisannya sendiri karena seorang penulis masing-masing memiliki ciri khas sendiri

Terimakasih
Mari kita majukan negri ini dengan penerapan FOSS namun tetap saling menghargai

Post a Comment - Back to Content

Jika Anda Seorang Blogger Sejati maka Berkomentar lah.. Untuk Memberi Komentar atau kritikan tentang Blog Saya..
Tata Cara Berkomentar Yang Baik..

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, SARA atau P*RN
3.Saya Membiarkan Semua Orang Untuk Berkomentar di blog ini Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID URL dan NAME/URL . Tidak Disarankan Menggunakan Anonymous dan komentar tersebut akan Di Hapus.
Jadi Berkomentar lah Yang Baik
^_^

Komentar kalian

Total Tayangan Laman

Tukar Link Yuk..!!!

SUBHANOSUKE