Mengganti Icon/simbol pada Flashdisk atau Harddisk

Scorpio men....

Lihat gambar icon flashdisk gue di samping? Jelas banget kan disitu ikonnya beda, nggak kayak icon drive di atasnya yang berupa gambar hardisk.
Nah di tulisan gue kali ini gue mau ngasih tau gimana cara mengganti ikon flashdisk sesuai gambar yang kita inginkan dan gimana cara ganti nama drive nya. Oke mungkin kalian berpikir “kalo Cuma ganti nama kan gampang, tinggal klik kanan – rename”, yap gue setuju, tapi coba lihat nama flashdisk pada gambar di atas, gue yakin dengan cara rename biasa nggak bakalan bisa ganti nama seperti itu, kenapa? Karena penamaan drive standar hanya menerima maksimal 11 karakter termasuk spasi, ngerti? Gue sih enggak.
Caranya simpel banget sih sebenernya, dan ini udah jadul juga, cuma bikin autorun. Jadi buat yang merasa udah tau mending ga usah baca.


Langsung aja siapin bahan-bahannya:
1. Notepad
2. Gambar berformat .ico (yang mau kita jadiin ikon, di google banyak)
3. Flashdisk
Untuk ikon, bisa pake dari gambar apa aja, yang penting ntar dijadiin “.ico”, nah buat yang mau bikin .ico sendiri, bisa pake software bernama “IcoFX”, softwarenya cari sendiri atau download disini.
Lanjut ke cara penyajian. Pertama buat folder bernama “icon” di flashdisk kemudian taruh file .ico yang mau dijadiin ikon di dalam folder icon tersebut, misal “scorpio.ico”. 
Buka notepad, kemudian tulis seperti di bawah ini
[Autorun]
Icon= icon\scorpio.ico
Label=Infected by Viruses
Tulisan yang berwarna merah bisa kalian ganti sesuai dengan letak file .ico yang mau dipake, dan tulisan berwarna hijau adalah yang akan menjadi nama dari flashdisk nantinya, bisa diganti sesuka betis kalian.
Save file tadi di flashdisk dengan nama “Autorun” dan berformat “.inf”. Pastikan formatnya hanya .inf tanpa embel-embel .txt di belakangnya. Buat yang belum ngerti gimana cara ngesave kayak gitu nih gue kasih tau.
All files,, jangan yang .txt ya anak-anak
Pada saat penamaan file, ganti “save as type” dari “Text Documents (*.txt)” menjadi “All Files (*.*)”, persis seperti gambar di atas. Baru kemudian pada file name diberi nama “Autorun.inf”.
Jadinya gini
Eject flashdisk, kemudian colokin lagi. Lihat perubahan yang terjadi….
Biar lebih keren dan nggak ngerusak pemandangan, hiden aja file autorun.inf dan folder iconnya.

4 comments

April 21, 2013 at 3:14 AM

Mantapp

January 19, 2014 at 3:50 AM

Gan coba ente cari cara supaya icon dapat dipakaikan ke Folder yang kita taruh di Flashdisk/hardisk, kalo cman ganti icon flashdisk, cara ini bisa digunakan, tapi kalo buat ganti icon folder gak bisa pake cara ini... Kalo ganti icon folder dengan properties & change icon folder, gak bisa permanen ... coba aja colokin flashdisk ke komputer lain pasti berubah ke awal icon foldernya .... NAH, kalo agan bisa coba share caranya, kalo ganti icon fd yang ini udah basi, banyak yang share tinggal copy paste aja ...

April 21, 2014 at 2:15 AM

sangat bagus dan membantu, cuman blognya banyak iklan disamping kiri artikel, mengganggu saat baca..

June 4, 2015 at 2:37 AM

autorun.inf itu bukan virus ya min?

Post a Comment - Back to Content

Jika Anda Seorang Blogger Sejati maka Berkomentar lah.. Untuk Memberi Komentar atau kritikan tentang Blog Saya..
Tata Cara Berkomentar Yang Baik..

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, SARA atau P*RN
3.Saya Membiarkan Semua Orang Untuk Berkomentar di blog ini Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID URL dan NAME/URL . Tidak Disarankan Menggunakan Anonymous dan komentar tersebut akan Di Hapus.
Jadi Berkomentar lah Yang Baik
^_^

Komentar kalian

Total Tayangan Laman

Tukar Link Yuk..!!!

SUBHANOSUKE