Jenis-Jenis Memory Komputer (media Penyimpanan Data)

Selamat Malam Sobat Kali Ini saya akan membagikan Artikel Yg Berhubungan Dengan Dunia Komputer Yaitu Jenis-Jenis Memory Komputer (media Penyimpanan Data)
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).
Memory Terbagi Menjadi 2 Jenis Yaitu:

A. MEMORI INTERNAL
Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :
Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses
* Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran
* Menampung program/

­instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder

Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut Cache Memory.

A. Rom
ROM adalah kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang.­ Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan. Umumnya proses yang terkandung dalam BIOS secara berurutan adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa isi CMOS.
CMOS (Compmentary Meta-Oxyde Semiconductor) adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturan dasar komputer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan termasuk pula tanggal dan jam sistem.

2. Memuat penanganan interupsi (interupt handlers) dan pengendali peranti (device driver).
Penanganan interupsi adalah program kecil yang menjadi penerjemah antara perangkat keras dan sistem operasi. Sebagai contoh , jika pemakai menekan tombol keyboard maka isyarat ini dikirimkan melalui penaganan interupsi keyboard.
Pengendali peranti adalah program yang bertindak sebagai pemberi identitas bagi perangkat keras tertentu (misalnya scanner) sehingga bisa dikenali oleh sistem operasi.

3. Menginisialisas­i register dan manajemen daya listrik

4.Melakukan pengujian perangkat keras (POST atau the power-on self-test) untuk memastikan bahwa semua perangkat keras dalam keadaan baik

5. Menampilkan pengaturan-peng­aturan pada sistem

6. Menentukan peranti yang akan digunakan untuk menjalankan program (ex. : hard disk)

7. Mengambil isi boot sector. Boot sector juga merupakan sebuah program kecil. Oleh BIOS program ini dimuat ke RAM dan kemudian mikroprosesor akan mengeksekusi perintah-erinta­h yang sudah berada dalam RAM tersebut.

I.Jenis ROM
Sampai sekarang dikenal beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain PROM, EPROMdan EEPROM

a.PROM (Progammable Read-Only-Memor­y)
Jika isi ROM ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.

b.EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memor­y)
Berbeda dengan PROM, isi EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.

c.EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only0Memor­y)
EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS.

B. Ram
Ram (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer sihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya data yang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. RAM dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis statik dan jenis dinamik. RAM statik menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. Jenis RAM ini asyncronous dan tidak memerlukan sinyal clock. RAM statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplika­si yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. RAM dinamik menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut kememori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).

I.Jenis Ram

a.DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.

b.SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

c.RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.

d.SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM

e.EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.

Jenis RAM yang terdapat di pasaran :
1. SIMM (Single in-line memory module) – Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 hingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit didalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini.

2. DIMM (dual in-line memory module) – Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. Terdapat dalam dua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN

3. DDR SDRAM (double-data-ra­te SDRAM) – Ciri-ciri DDR SDRAM sama dengan SDRAM, tetapi pemindahan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem jam (system clock) dan ini secara teori meningktkan kecepatan SDRAM. Dahulu digunakan sebagai memori untuk card terpisah tetapi pada saat ini pabrik komputer membuatnya pada modul memori untuk motherboard sebagai satu jalan alternatif untuk pengganti SDRAM yang mempunyai 184 pin dan terdapat dalam tiga kecpatan yaitu 266MHz, 333MHz dan 400MHz. DIMM 184PIN

4. DRDRAM (direct Rambus DRAM) – Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

C. Cache memory
Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem.

Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya. Seperti halnya RAM, lebih banyak cache memory adalah lebih baik, akan tetapi biasanya cache pada CPU dan hard drive tidak dapat diupgrade menjadi lebih banyak. Contoh yang dapat dilihat misalnya adalah pada CPU Pentium II terdapat 512 KiloByte cache, dan pada hard drive IBM 9LZX SCSI terdapat 4 MegaBytes cache. Seperti halnya RAM, pada umumnya data akan dilewatkan dulu pada cache memory sebelum menuju komponen yang akan menggunakannya (misalnya CPU). Selain itu cache memory menyimpan pula sementara data untuk akses cepat. Kecepatan cache memory juga menjadi unsur yang penting. Sebagai contoh, CPU Pentium II memilki cache sebesar 12 k, dan CPU Celeron memiliki cache sebesar 128 k, akan tetapi cache pada Pentium II berjalan pada 1/2 kali kecepatan CPU, sementara cache pada Celeron berjalan dengan kecepatan sama dengan kecepatan CPU. Hal ini merupakan tradeoff yang membuat kecepatan Celeron dalam hal-hal tertentu kadang-kadang malah bisa mengalahkan Pentium II.

B. MEMORI EKSTERNAL
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh:­ Hardisk, Floppy Disk
Konsep dasar memori eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.
Memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama.
Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

BERBAGAI JENIS MEMORY EKSTERNAL
1. Berdasarkan Jenis Akses Data
Berdasarkan jenis aksesnya memori eksternal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a. DASD (Direct Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data.
Contoh :
* Magnetik (floppy disk, hard disk).
* Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk).
* Optical Disk.
b. SASD (Sequential Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik.

2. Berdasarkan Karakteristik Bahan
Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori eksternal digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:

A. punched Card atau kartu berlubang
Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang menggambarkan berbagai instruksi atau data. Kartu ini dibaca melalui puch card reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.

B. Magnetic disk
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.

C. Optical Disk
Optical disk terbuat dari bahan-bahan optik, seperti dari resin (polycarbonate)­ dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Contoh : CD dan DVD

D. Magnetic Tape
Sedangkan magnetik tape, terbuat dari bahan yang bersifat magnetik tetapi berbentuk pita, seperti halnya pita kaset tape recorder.

Sistem Memori tersusun atas (a) register penginderaan; (b) memori jangka pendek; dan (c) memori jangka panjang.

a). Register Penginderaan
Pemrosesan informasi yang terjadi dalam otak manusia adalah melalui beberapa komponen. Komponen yang pertama dari sistem memori yang dilalui informasi adalah register penginderaan. Register penginderaan ini berfungsi untuk menampung sejumlah informasi dari indera seperti penglihatan, pendengaran, peraba, pembau dan pengecap. Informasi yang ditampung mempunyai kapasitas yang besar dan disimpan dalam waktu yang sangat singkat, tidak lebih dari dua detik. Dalam waktu singkat tersebut jika tidak mendapatkan suatu proses terhadap informasi yang ditampung maka informasi tersebut biasanya akan hilang.

Keberadaan register penginderaan mempunyai dua implikasi yang penting dalam pendidikan. Pertama, orang harus menaruh perhatian pada suatu informasi bila informasi itu harus diingat. Kedua, seseorang memerlukan waktu untuk membawa semua informasi yang dilihat dalam waktu singkat masuk ke dalam kesadaran (Nur dkk,1998:3).Mis­alnya apabila siswa dijejali dengan terlalu banyak informasi pada suatu waktu dan tidak diberi tahu aspek informasi mana yang harus diperhatikan, maka mereka akan mengalami kesulitan dalam mempelajari semua informasi tersebut.

b) Memori Jangka Pendek
Informasi yang dipersepsi seseorang dan mendapatkan perhatian ditransfer ke komponen kedua dari sistem memori yaitu memori jangka pendek. Menurut Slavin (dalam Nur dkk,1998:8) dijelaskan bahwa “memori jangka pendek adalah sistem penyimpanan yang dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang terbatas hanya dalam beberapa detik”. Biasanya memori ini menyimpan informasi yang terkini yang sedang dipikirkan.

Satu cara untuk menyimpan informasi ke dalam memori jangka pendek adalah memikirkan tentang informasi itu atau mengucapkannya berkali-kali. Proses mempertahankan suatu informasi dalam memori jangka pendek dengan cara mengulang-ulang­ disebut menghafal (rehearsal). Menghafal sangat penting dalam belajar, karena semakin lama suatu butir tinggal di dalam memori jangka pendek, semakin besar kesempatan butir itu akan ditransfer ke memori jangka panjang. Tanpa pengulangan kemungkinan butir itu tidak akan tinggal di memori jangka pendek lebih dari sekitar 30 detik maka informasi itu dapat hilang akibat desakan informasi lainnya, karena memori jangka pendek mempunyai kapasitas yang terbatas yaitu 5 sampai 9 bits informasi (Miller,1956 dalam Nur dkk,1998:9) yaitu hanya bisa berpikir antara 5 sampai 9 hal yang berbeda dalam satu waktu tertentu.

c) Memori Jangka Panjang
Memori jangka panjang merupakan bagian dari sistem memori tempat menyimpan informasi untuk periode waktu yang panjang. Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang sangat besar tempat menyimpan memori dengan jangka yang sangat panjang. Banyak ahli yakin bahwa informasi yang terdapat dalam memori jangka panjang tidak pernah dilupakan, kemungkinan hanya sekedar kehilangan kemampuan untuk menemukan kembali informasi yang tersimpan di dalam memori kita.

Register Kontrol dan Status Internal
Register kontrol dan status internal adalah lokasi memori I/O yang spesial. Di samping aksi sensor dan pengontrolan kaki eksternal, register ini juga melakukan aksi sensor dan pengontrolan sinyal level logika internal. Lihat gambar dan bandingkan antara RAM dengan port output. Perbedaan yang tampak hanyalah bahwa port output memiliki buffer untuk menghubungkan state dari flip-flop ke kaki eksternal. Dalam kasus bit kontrol internal, output dari buffer terhubung dengan sinyal kontrol internal tertentu. Suatu bit status internal mirip dengan bit port input tetapi bit status ini hanya melakukan aksi sensor terhadap sinyal register internal.

Mikrokontroler M68HC05 memiliki kaki-kaki I/O paralel. Arah jalur dari setiap kaki dapat diprogram dengan bit kontrol melalui software. Gambar di bawah menggambarkan I/­O dua arah (bi-directional) dengan latch output dan bit kontrol arah data. Kaki suatu port dikonfigurasi sebagai output jika bit DDR (Data Direction Register) yang bersesuaian diset menjadi logika satu. Suatu kaki dikonfigurasi sebagai input jika bit DDR yang bersesuaian diset menjadi logika nol. Saat pertama kali dihidupkan atau saat reset, semua bit DDR dinolkan, sehingga konfigurasi semua kaki port adalah sebagai input. DDR ini dapat ditulis dan dibaca oleh prosesor.

Guitar Hero 3 Song Pack Free Download

Selamat Malam Sobat Kali Ini saya akan membagikan artikel Game Untuk Hp Khususnya Hp Nokia Symbian .. Boleh di coba deh keren Game nya mirip Seperti Game Guitar Hero untuk Playstation 2 bro.. Lumayan Untuk Menemani waktu santai :)

 

Klik Link Berikut Sesuai Ukuran Hp Sobat

128x128 download                                                                      128x160 download

176x208 download                                                                      176x220 download

208x208 download                                                                      240x320 download

Terima Kasih Udah Berkunjung Dan Membaca Guitar Hero 3 Song Pack Free Download

Cheat Model Mata Perjuangan Semut Terbaru

Game Perjuangan Semuat Adalah Game tembak yang manis, santai dan rangsang, Anda bisa berjuang bersama teman dengan berbagai macam senjata dan alat, bukan hanya bazoka, misil, masih ada semangka, durian, sarang tabuhan dll. Game yg sangat Menarik kan..








Dan Kali Ini saya akan Memberikan Cheat nya Yaitu Cara Hack Model Mata Perjuangan Semut With CE
Langsung Aja deh Ke TKP: 

Tools :
[+] Browser ( Mozilla Firefox , Google Chrome)
[+] Cheat Engine [C.E]

Tutorial Cheat:
Klik show untuk melihat
1. Buka Perjuangan Semut
2. Buka CE 6.2 (Terserah mau Versi berapa)
Plugin-Container.exe (Mozila Firefox)
FlashPlayerPlugin.exe (Google Chrome)
3. Beli Kartu Kosmetologi
4. Klik mata pertama pada Kartu Kosmetologi
5. First Scan 14
6. Klik mata kedua pada Kartu Kosmetologi
7. Kemudian Next Scan menjadi angka 22
8. Kemudian pindahkan addressnya ke Tab List
9. Ganti value menjadi 798
10. Dan Lihat Matanya Berubah Menjadi Mata Orang Teler :D


Terima kasih telah membaca artikel Cheat Model Mata Perjuangan Semut Semoga Bermanafaat dan Selamat Mencoba..

Membuat Efek Api Pada Teks Menggunakan Photoshop

Berikut adalah tutorial dibangun dalam Adobe Photoshop CS3 yang dapat Anda gunakan untuk memberikan teks Anda menjadi kenyataan terik. Hal ini juga dapat diterapkan untuk bentuk lainnya. Kami pikir mungkin ide yang keren untuk bahkanmenerapkan efek ini untuk gambar seorang pelari cepat, kita mungkin melakukan ini di tutorial di jalan tetapi untuk sekarang kita akan tetap pada teks. Juga, kita baru-baru ini menghubungi melalui orang-orang di 10steps.sg dan mereka memilikitutorial yang sangat mirip dengan ini. Check it out di sini. Pikiran besar berpikir sama.
Kita akan menggunakan gambar pencampuran api menyala dengan filter dan metode lapisan lainnya pencampuran Photoshop untuk datang dengan sesuatu yang licin!
Pratinjau Gambar Final:


Buat dokumen dengan 300dpi dengan dimensi 17 x 11 dengan latar belakang hitam. Menggunakan Type tool (T), pilih font "Billboard" dan ketik apa pun yang Andaingin mengetik teks api Anda. Kami ingin memastikan bahwa kita tahu bagaimanatipe kami akan terlihat selesai jadi kita hanya mengetik dan mengatur seluruh hal.Seperti yang Anda lihat di bawah. Setelah ini, meratakan lapisan teks dengan mengklik mereka berdua di palet layer (kita memiliki "raja" pada satu lapisan dan "tutz" yang lain) dan mendorong Command + E. Ini akan meratakan mereka. Ini adalah apa langkah ini terlihat seperti:

Sekarang kita akan menggunakan alat tenda (M) untuk memotong lapisan teksdiratakan sehingga kita dapat menerapkan efek api yang berbeda untuk setiap huruf dari teks. Cukup pilih alat tenda (M), menyeret kotak di sekitar huruf "K", klik kanan,dan pilih layer via cut. Lakukan ini untuk setiap surat itu sehingga mereka sekarang semua pada lapisan mereka sendiri.
Kita akan mulai membuat "K" terlihat seperti itu terbakar. Klik kanan pada layer tipe K diratakan dalam palet layer dan pilih Blending Options. Periksa pada Drop Shadow dan kunci dalam pengaturan berikut:

Check on Color Overlay and key in the following settings.

Check on Satin and key in the following settings.

Periksa pada Inner Glow dan ketik pengaturan berikut ... memilih kuning yang suiteterbaik yang ... di sini kita digunakan # e3bd29


Kami sekarang akan rasterize / meratakan lapisan jenis tapi sebelum kita melakukannya kita akan klik kanan pada layer dipipihkan "k" dalam palet layer dan pilih Copy Style Layer. Kemudian kita akan klik kanan pada setiap lapisan surat lain dan pilih Style Paste Layer. Ini akan memungkinkan kami untuk mentransfer semua pengaturan untuk setiap huruf. Setelah ini dilakukan membuat salinan dari setiap lapisan dan menyembunyikannya (cara ini kita memiliki cadangan). Setelahcadangan masing-masing telah dibuat, meratakan setiap lapisan jenis individu.
Menggunakan Eraser tool dengan ukuran yang bervariasi dan memudar opacity dari bagian atas setiap huruf.

Pergi ke Filter Liquify>. Pilih Tool Warp Forward dan kunci dalam pengaturan berikut.Menggunakan alat Forward Warp, membuat beberapa gelombang di perbatasanjenis.

Cheat Code Pes 2013 Ps2 (playstation 2)

Selamat Malam Sobat kali ini saya kan membagikan satu lagi Artikel yg membahas tentang Cheat game Tidak lain tidak bukan yaitu Game Ps 2 Pes 2013 atau sejenisnya..

Pes 2013 adalah Game dari KONAMI. Bagi anda para penggemar game sepak bola, main Pes tanpa cheat udah biasa, tapi kali ini anda tidak merasa biasa jika setelah menggunakan cheat ini, Sedikit Curang Boleh kok.. hehehehe :p

pes 2013

Berikut adalah Cheat Code PES 2013 (PS2) :
Klik show untuk melihat
1. Ketika Lemparan jauh sewaktu Bola out tekan L2+R2+(A,A,K,SE,L)
2. Untuk cheat Wasit Sabar pencet cheatnya ketika Loding kick off
R2,R1,L2.L1,SEL
3. Fungsi cheat Supporter lebih banyak waktu untuk menekan cheat Loading kick off
A,A,A,R1,R1,L2,SE,L,L,L
4. Fungsi cheat Vitalitas nambah waktu menekannya Loding formasi
SEL3x,K,K,SI,R2,R1,L2,L1,SE,Ll,K,SI
5. Cheat Semangat tinggi waktu Loding kick off
Ll2,L1,K,K,SE,SE,Ll,L
6. Lari lebih cepat Bawa bola
L,K,SI,R1,R2,L2,Ll,Ll,SI
7. Tendangan keras Bola mati
K,K,K,K,K,L,K,L,K,L,K,L,L
8. Cidera dan sembuh Pemain keluar
L2+L1,SE,L,SE,L,SE
9. Akurasi plus Loding formasi
K,A,K,A,K,A,K,A
10. Tackling maut Bola mati
SEL,A,L,A,L
11. Wasit buta Loading kick off
KI,K,KA,KI,K,KA,KI,K,KA
12. GK lemah Loding kick off
SEL+L1,KA,KA,KA,KA,SE,SE
13. Bola berat Bola mati
SEL+A,B,K,K,L,A,A
14. Blank layar Loading free kick 90%
R1+L1
15. Heading kuat Cornel
K,A,SEL+SE,K,K,SE
16. Tendangan gledeg Bawa bola
R2+K,K,K,A,A,RI,LI,K,K
17. Icon fress Loading formasi
R2+SE
18. No penalty loading freekick
A,A,A,B,K,L,SEL
19.Tendangan kipper gol free kick
K,A,SI
20. Banana shot corner kick
Harus Pakai Beckham, Del Piero, Pirlo, CR7, Xavi, Gerard, Lampard.
L, (arahkan ke arah gawang)


Keterangan: 
Klik show untuk melihat

SI : Silang (X)
SE : Segitiga
K : Kotak []
L : lingkaran (O)
SEL : select
A : atas
B : bawah
KI : kiri
KA : kanan
Koma (,) : tekan tombol bergantian
Plus (+) : tekan tombol bersamaan

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil..

Cara Mudah Merubah File *doc ke File *pdf

kali Ini Saya Akan Membagikan Artikel yang Berjudul Cara Mudah Merubah File *doc ke File *pdf 


Ada beberapa cara untuk merubah format file doc. kita ke dalam bentuk pdf. Caranya ada yang secara online kita merubah file .doc kita ke .pdf, ada juga dengan mengunduh program converter tersebut kemudian di instal ke PC kita, jika ingin secara online merubah format .doc kita ke .pdf silahkan saja coba masuk ke: Go to.. >>








Masukan file yang akan dirubah dengan cara mengklik “Browse”, kemudian sorot file doc yang akan kita rubah formatnya, kemudian klik “convert to pdf”, kemudian kita tunggu prosesnya. Setelah proses berakhir akan muncul pernyataan “Your files are ready for download” kemudian klik nama file anda yang telah di akhiri dengan .pdf maka akan munculah file anda dengan format pdf, dan yang terakhir save-lah file pdf anda.

Cara yang kedua yaitu dengan mengunduh terlebih dahulu program yang dapat merubah file doc ke pdf, salah satu program yang gratisan, TRIAL nya kita bisa unduh di :



Pergi ke
Ukuran file ini kecil sehingga biasanya lebih cepat untuk di unduh, hanya sekitar 1.81 MB, jangan lupa hasil unduhan anda itu formatnya .zip sehingga anda perlu meng “extract” file tersebut menjadi file bentuk . exe , caranya dengan mengklik kanan file .zip tersebut kemudian pilih “Extract Here”, setelah proses extract selesai, kemudian didapatlah, file program, tersebut dalam bentuk .exe (dengan icon yang berbeda dengan sebelumnya).

Kemudian lakukanlah instalasi, dengan mengklik prgoram tersebut, Jika ada pernyataan “Welcome….” anda klik next, kemudian akan muncul pernyataan destiation folder klik next, kemudian klik next lagi, kemudian akan muncul pernyataan “ready to instal” kemudian klik next, tunggulah proses instalasinya, dan terakhir klik finish.

Jika anda membuka program tersebut akan tampaklah deretan format sumber (source) di sebelah kiri, dan sederetan file yang kita inginkan formatnya (destination) disebelah kanan. Pertama browse file .doc yang akan di convert kemudian sorot .pdf di sebelah kanan, kemudian klik save as.

Selamat anda telah merubah file tersebut ke dalam bentuk pdf.

NB: Jika Tidak Mengerti  Boleh Tanya di Komentar ya keluhannya..
Sempatkan Komentar walaupun Sedikit :) salam Blogwalkers..

Cara Membuat Border / Garis Batas Pada Postingan Blogspot

Selamat malam Sobat,.. Kali Ini saya akan membagikan suatu artikel Cara Membuat Border / Garis Batas Pada Entri Postingan mempercantik tampilan postingan kita sehingga terlihat Berbeda dan Keren

garis batas blog

Didalam membuat postingan, terkadang kita menuliskan beberapa kalimat maupun script kode tertentu yang penting, dan ingin kalimat tersebut dapat terbaca dengan jelas oleh pengunjung. Selain dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia, seperti penebalan kalimat, underline, merubah warna kalimat, kita dapat juga memodifikasi kalimat penting tersebut agar dapat terlihat jelas, yaitu denganmenggunakan border. Selain berfungsi sebagai pembatas elemen, dengan menggunakan border, hasil postingan kita juga akan nampak lebih indah / bervariasi. Berikut ini kita akan saling berbagi tentang bagaimana cara membuat border pada postingan blog

Caranya :
1.Login Ke Akun Blogger
2.Buat entri Baru
3.Pilih entri melalui HTML
4.Copy paste kode di bawah ini
<div style="border: 3px #ff0000; solid; padding: 5px; background-color:#0000ff; text-align: left"> MASUKKAN TEKS/SCRIPT KODE DISINI </div>

Terima Kasih Semoga Bermanfaat

Hack IDM jadi Berkecepatan Super


Gan , tadi ane searching2 di Forum sebelah , ternyata ada trit "Cara setting IDM biar Bikin ngacir-cir". nah buat kalian agan2 yang menggunakan download manager IDM, kadang belum benar-benar merasakan manfaat dari SW tsb, karena belum disetting dengan benar. Jika sudah diseting, IDM akan berfungsi optimal, meskipun kita gonta-ganti tipe koneksi (wive-LAN, WIFI, Dial-up, dll).
Nah bagemana caranya biar agan2 bisa merasakan manfaat ilmu yang ane dapet hingga bikin downloadan nte yang biasanya sejam berubah jadi 15 menit , jadi bisa hemat waktu gan !!
hhee
nih contohnya :
SS


Pertannyaanya , Bagaiamana caranya Membuat IDM Download 3x Lebih Cepat alias Ngaciiir ?
Gini caranya:
1. klik IDM di try icon
2. klik Option
3. Pada Connection/ Speed, pilih Other, dan pada Default Max conn.number pilih 16
4. Tutup IDM
5. Klik Start kemudian un dan tuliskan "regedit" tanpa petik , kemudian klik ok , Jalankan Regedit>HKey_Current_User>Software>Download Manager> (lihat jendela kanan) Connection Speed>double click>pilih decimal> isi dengan 9999999999999>OK
6. tutup regedit (close )
7. Coba ntuk DL....;-)
Catatan:
Kecepatan Download dipengaruhi juga oleh kondisi jaringan yg ada..

Cara membuat tombol Show-Hide Pada Postingan

Kali Ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat tombol Show-Hide pada Postingan
Tombol Hide

Cara Nya :

1.Login Ke Akun Blogger
2.Buat entri Baru
3.Pilih entri melalui HTML
4.Copy paste kode di bawah ini

Klik show untuk melihat
<div><div style="margin-bottom: 2px;"><b><small>Klik show untuk melihat</small></b>
<input value="Show" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 60px; font-size: 10px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Hide'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Show'; }" type="button"></div>
<div style="border: 1px inset; margin: 0px; padding: 6px;"><div style="display: none;">

Masukan Teks Mu Disini

</div></div></div>
Selamat Mencoba Dan Semoga Berhasil..

Cheat Code Game Gameloft Terlengkap

Kali Ini saya akan Membagikan Artikel Tentang Cheat Tapi Bukan Untuk Game PC maupun Playstation Tapi Hanya Untuk Game Mobile / Hp Gameloft
Code Game Gameloft

Langsung aja deh

Klik show untuk melihat

Uno cheat 
Tekan 1379 pada menu untuk mengaktifkan menipu. Sedangkan pada langkah Anda pada gameplay tekan # untuk popup menu menipu. 1973 Tekan untuk membuka semua ikon pada menu. 


Spring Break Demam 
tekan * 1973 tentang layar menu 


Infeksi zombie cheat: 
# 1979 pada menu utama - God Mode 


Herro Sparta
Dalam menu utama, tekan * 1379! 
Tekan 5 atau OK untuk mengaktifkan pilihan, tekan 2x 5 atau OK untuk desactivate! 


Ferrari GT: Cheats Evolution. 
1. Untuk Aktifkan Cheat Mode & Unlock Semua: # 1379 * (tipe di Main Menu) 
2. Untuk Win Race Dalam Juara 1: # 1379 * (tipe selama bermain game) 
3. Untuk Pers Versi Light 21683 Pada Menu 

Rayman: Raving Rabbids TV Party 
1000 Wortel: Pada Menu Utama, tekan * 1973, muncul sebuah jendela, tekan tombol 3 dan 5 tombol! 


Chuck Norris - Bawa pada rasa sakit 
Tekan * 1397 * pada Menu Screen untuk mengaktifkan tingkat pemilih 
Tekan * 7931 * sambil bermain untuk beralih keabadian 


ASPHALT 4: ELITE RACING 
UNTUK MENGAKTIFKAN CHEAT MODE & UNLOCK SEMUA: # 1379 * (ketik di ...... Menu Utama) 
UNTUK MENANG RACE Dalam Juara 1: # 1379 * (tipe selama bermain game) 
UNTUK PERS VERSI LIGHT ON MENU 21683 


ASPAL 3 HD TENTANG PERS LOKASI MENU # 13791 


PRINCE OF PERSIA CLASSIC PADA PERS MENU UTAMA 3331 


BREAKER DELUXE BLOK PADA PERS MENU * 1397 * ATAS MENGAKTIFKAN CHEAT KODE DAN PADA PERS PULAU # 3179 # UNTUK UNLOCK SEGALANYA 
KETIKA BERMAIN GAME PRESS '0 'UNTUK MENGAKTIFKAN SHIELD 
PRESS '3 'ATAS LABA SATU KEHIDUPAN 
PRESS '9 'TO EARN 1000K 


BLOK BREAKER 2 DELUXE 
PRESS # * 1379 # ATAS MENGAKTIFKAN KODE CHEAT DI PULAU PILIH # ATAS DISPLAY JUMLAH CHEAT UNLOCK MENU PILIH SAAT BERMAIN GAME PRESS '0 'UNTUK MENGAKTIFKAN SHIELD 
PRESS '3 'ATAS LABA SATU KEHIDUPAN 
PRESS '9 'TO EARN 1000K 


XIII IDENTITAS * PRESS TERSELUBUNG 1379 # UNLOCK * 99 ATAS SEGALANYA DAN PERS 1379 # DI TOKO 


MIDNIGHT Bowling 2 
PRESS *##**##* 


XTREME DIRT BIKE PERS * 137962 # 


KO Fighters PRESS * 1379 # 


America's Army: Operasi Khusus 
Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan Up * 360 
Kesehatan Kendali - Saat bermain, tekan Up * 3715 
Maksimum Power - Sambil bermain, tekan Up * 372 
Misi Lengkap - Saat bermain, tekan Up * 379 


American Gangster 
Misi Unlocking - Saat bermain Tekan * 3970 
Keabadian On / Off - Press * 3971 
Imunitas On / Off - Press * 3973 
Guns + Ammo - Tekan * 3974 
+10'000 $ - Tekan * 3975 
Get A Cab - Tekan * 3976 
Misi Sukses - Tekan * 3977 
Misi Gagal - Tekan * 3978 
Berjalan Melalui Dinding On / Off - Press * 3979 


Aspal GT 1 
Cheat Menu -> Dalam Tekan Game # dan Jeda. 


Asphalt: Street Rules 3 
Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 21683 ON LOKASI MENU PERS # 13791 


Asphalt Urban GT 2 2D 
19911 - mendapatkan $ 1'000'000 



Asphalt Urban GT 3 3D 
# 13791 - Membuka semua 
# 13792 - Unlock berikutnya 



Big Range Hunting 
1397 - membuka semua 
(Masukkan cheat ini pada layar peta untuk membuka Kanada / Afrika dan kemudian kembali untuk membuka misi) 


Bikini Volleyball 
# 24764 - memenangkan permainan saat ini 
# 948323 - kalah permainan saat ini 
# 86421 - membuka semuanya 
# 97642 - mendapatkan 1'000 $ 
# 12489 - mendapatkan 10'000 $ 


Christmas Midnight Pool 
Untuk Win - Pada Tekan Menu Utama 19731973 


Diamond Rush 
Cheat Menu - Pada Dunia Pilih Screen, tekan # 4772 


Driver L. A. Undercover 
64636 - Unlock semua 


Partai Football 
1379 - Permainan mini Unlock 


Gansgter 
Misi Unlocking - Saat bermain, tekan * 3970 
Keabadian - Saat bermain, tekan * 3971 
Imunitas - Saat bermain, tekan * 3973 
Semua Senjata & Ammo - Saat bermain, tekan * 3974 
Dapatkan $ 10.000 - Saat bermain, tekan * 3975 
Dapatkan Texas Longhorn - Saat bermain, tekan * 3976 
Misi Selesai - Saat bermain, tekan ......* 3977 
Misi Gagal - Saat bermain, tekan * 3978 
Walk Melalui Semuanya-Saat bermain, tekan * 3979 


HERRO
Unlock semua tingkat - Pada menu utama tekan * # 7383 
Win saat ini tingkat - Saat bermain, tekan * # 4476 
Lose saat ini tingkat - Saat bermain, tekan * # 6422 
Mengaktifkan berjalan / menonaktifkan melalui dinding - Saat bermain, tekan * # 7952 
Mengaktifkan / menonaktifkan kecepatan tinggi - Saat bermain, tekan * # 6454 


Horse Riding Academy 
Tingkat Pilih - On Menu Screen, tekan ** 2006 


Kevin Pietersen Cricket 07 
Tekan * 7913 


Game King Kong Pinball 
Kontrol Bola - Saat bermain, tekan 789 * 0 # 


Meteos: Blok Astro 
Tingkat Lengkap - Saat bermain, tekan # 946 
Midnight Hold'em Poker 3D: 
Unlock Semua - pada permainan Menu Tekan # 1379 


Midnight Pool 
Buka cheat-menu - Menyusun bola di atas meja. Tekan * ketika memukul bola. 
Unlock Semua - Pada cheat menu, tekan 5. 


Mini Golf Revolusi 
747283 - Unlock semua 
26689 - Earn $ 1000 


New York Nights: Sukses di Kota 
Meningkatkan Kecantikan, Kesehatan, Humor, Budaya, Popularitas-On Kode Rahasia, masukkan # * # 9999 # 
Meningkatkan Kecantikan, Kesehatan, Humor, Budaya - On Secret Code, masukkan # * # 1111 # 
Meningkatkan Popularitas - On Secret Code, masukkan # * # 2222 # 
Meningkatkan Uang - On Secret Code, masukkan # * # 6001999 #
Penurunan Uang - On Secret Code, masukkan # * # 6002999 # 


Unlock Mini Game (Pelayan)-Pada Kode Rahasia, masukkan # * # 4001 # 


Unlock Mini Game (Bartender) - Pada Kode Rahasia, masukkan # * # 4002 # 


Unlock Mini Game (Penyanyi)-Pada Kode Rahasia, masukkan # * # 4003 # 


Nitro Street Racing 2D 
Aktifkan Semuanya -> On Menu Screen, tekan 1379 # 
Untuk Win Race -> Saat bermain, tekan 7979 * 
Untuk Menurunkan Race -> Saat bermain, tekan 9797 * 


Oktoberfest: Spass ohne Grenzen 
Toggle cheat mode on / off - Tekan 673673 dalam menu utama 
Unlock semua lokasi - Tekan * di layar peta 
Unlock dipilih lokasi - Tekan # pada layar peta 
Extra hidup - Tekan * di antara layar cerita 
Win permainan - Tekan * dalam minigame yang 
Lose permainan - Tekan # pada minigame yang 


Pirates Of The 7 Seas 
Unlock semua tingkat - di layar menu tekan 7979 
Bajak laut terbang mode on / off - sambil bermain tekan 9 


Platinum Kakuro & Platinum Sudoku 
Tingkat Lengkap - Sementara Bermain, tekan # 13333 


Platinum Mahjong 
Cheat Mode - On Menu Screen, tekan 73911 
Tingkat Lengkap - Saat bermain, tekan * 04 




Prince Of Persia Dua dipan 

Unlock semua tingkat - di layar menu tekan 7979 


Prince Of Persia The Warrior Within 
Unlock semua tingkat - di layar menu tekan 7979 




Pro Golf 2007 feat. Vijay Singh 3D 

Buka semua turnamen - Pada Utama * Tekan Menu # 79. 
Dapatkan $ 1000000 -...... Pada layar Profil Tekan * # 17 
Uang untuk membuka toko - Pada Menu Utama Tekan * # 1379 #. (Setelah itu * ditekan pada layar toko untuk meningkatkan uang) 
Tingkat Lengkap - Sementara di * Tekan Tunda # 13 




Pro Rally Racing 

Dalam menu utama: 
membuka semua lokasi & mobil Tekan UP, 1, KANAN, BAWAH untuk s 
Tekan UP, 1, KANAN, 9 untuk mengaktifkan / menonaktifkan sesuatu - tugas Anda adalah untuk mencari tahu apa 




Pub Mania 

# 9137 - menghasilkan $ 1'000'000 dan memungkinkan seleksi tingkat dalam pilihan 




Rainbow 6 Vegas 

semuanya Unlock - pada layar menu, tekan Up Up Down Down Waktu 




Real Football Manager 

Aktifkan cheat mode - Tekan 2, Kiri, Kiri, 6, 2 




Rock 'n' Blocks 

9130 - menang tingkat 
79131 - membuka modus bermain bebas 
79132 - kekuatan penuh 
79133 - respawn perubahan 
79134 - membuka peta 
79135 - membuka galeri 
79137 - 'legenda' membuka kesulitan 
1973xy - melompat ke tingkat xy 




Rayman 3 

Skip Level - Tekan 9876 
Sexy Blocks Cancun Vibes 
Aktifkan Kode Cheat - On Menu Screen, tekan * # 1109 # 
Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 33333 
Lihat Gambar Akhir - On Menu Screen, tekan 11111 
Infinite Lives - On Menu Screen, tekan * # 79 
Dapatkan $ 100.000 - Pada Menu Screen, tekan 1973 
Tingkat Lengkap - Saat bermain, tekan * # 




Sexy Poker 2006 

Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 198475 




Sexy Poker Susana Reche 

Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 139 * 




Top Poker Sexy Model 

Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 139 * 




Surfing Up 

Unlock Cheat Mode - # 679679 
Unlock Semua Tingkat - Tekan * 
Tingkat Lengkap - Sementara Bermain Game Tekan * 




THE OC 

Kode cheat - On Menu Screen, tekan * 2468 # 
Tom Clancy's Ghost Recon: Jungle Storm 
100% Kampanye & Semua Cheats unlocked - Pada layar PROFIL, pegang kanan dan 0 dan tekan Waktu Soft Key 




Tom Clancy's Rainbow Six: Vegas 

Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan Up Up Down Down Waktu 




Tom Clancy's Splinter Cell Double agen 

Fast Speed - On Menu Screen, tekan 060310 
Unlock Semuanya - Pada Menu Screen, tekan 060317 
Invincible - On Menu Screen, tekan 060318 
Tingkat Lengkap - On Menu Screen, tekan 060319

Semoga Bermanfaat dan selamat Mencoba..

Tv Online

Widget TV Online Mivo TV Online

Kode Rahasia Pada Command Prompt


1. Hak Login User
Membatasi user bernama linuxer46, hanya bisa login pada hari dan jam tertentu
- Buka Command Prompt
- Ketik “net user linuxer46 /time:M,7AM-5PM;T,1PM-3PM;W-F,8:00-17:00″
Cat : format hari ditulis dg singkatan M, T, W, Th, F, Sa, Su
Membatasi user bernama wahyu hanya bisa login hingga tanggal tertentu
- Buka Command Prompt
- Ketik net user wahyu /expires:des,03,2020
Membuat user baru bernama homo, password 1234, hanya bisa login pada hari dan jam tertentu, nama lengkap akun saya
- Buka Command Prompt
- Ketik net user homo 1234 /add /passwordreq:yes /times:monday-friday,8am-5pm /fullname:”akun saya
Melarang user bernama Shincan mengganti passwordnya
- Buka Command Prompt
- Ketik net user shincan /passwordchg:no
Mematikan user bernama Budi
- Buka Command Prompt
- Ketik net user budi /active:no
Menghapus user bernama Unyil
- Buka Command Prompt
- Ketik net user unyil /delete
Mengganti komen pada user bernama Dono
- Buka Command Prompt
- Ketik net user dono /usercomment:”halo, apa kabar?”
Menambah user baru bernama “devilzc0der” yg setara dg Admin
- Buka Command Prompt
- Ketik net localgroup Administrators devilzc0der /add

2. KONVERSI FAT/FAT32 KE NTFS

- Buka Command Prompt
- Ketik convert D: /fs:ntfs
(artinya merubah file system pada drive D:\ menjadi NTFS)
Cat :
- Jika system tidak bisa Lock drive, pilih ‘Yes’ pada peringatan ‘Convert it during next boot’
- Konversi dari FAT/FAT32 ke NTFS ini tidak bersifat merusak, sehingga data tidak akan hilang

3. MENGHILANGKAN DRIVE

- Buka Command Prompt
- Ketik mountvol /d
(misal mountvol F: /d maka Drive F akan menghilang!)
- Untuk mengembalikan ketik mountvol untuk menampilkan Volume ID dari semua partisi, termasuk Drive yang hilang
- Ketik mountvol //?/Volume{VolumeID}\
(misal mountvol f: //?/Volume{d604c947-9894-11db-be34-806d6172696f}\
atau
- Masuk Command Prompt
- Ketik diskpart
- Setelah masuk DISKPART> ketik list volume
Volume ### Ltr Label Fs Type Size Status Info
———- — ———– —– ———- ——- ——— ——–
Volume 0 E DVD-ROM 0 B
Volume 1 C SYS NTFS Partition 199 GB Healthy System
Volume 2 D DAT NTFS Partition 817 GB Healthy
Volume 3 G Removeable 0 B
- Pilih Volume yang akan di hilangkan, contoh :
DISKPART> select volume 2
- Hilangkan volume terpilih, contoh :
DISKPART> remove letter D
- Untuk menampilkan kembali, contoh :
DISKPART> assign letter d
- Untuk keluar ketik pd DISKPART> exit

4. DETEKSI PERUBAHAN REGISTRY

- Buka Command Prompt
- Ketik regedit
- Import Registry Key dengan nama Awal.reg
- Setelah terjadi banyak perubahan di PC
- Import Registry Key sekarang dengan nama Sekarang.reg
- Tutup Regedit
- Kembali ke Command Prompt
- Ketik fc awal.reg sekarang.reg > bedanya.txt
- buka file Bedanya.txt yg berisi perubahan Registry dengan notepad

5. SIMPAN STRUKTUR FOLDER & FILE

- Buka Command Prompt
- Ketik dir C: /s > struktur.txt
- Daftar seluruh File & Folder di C: akan disimpan di file teks STRUKTUR.TXT

6. EDIT BOOT LOADER XP

- Buka Command Prompt
- Ketik cd\ untuk berada di root directory system
- Ketik attrib boot.ini -r -s -h
- Ketik edit boot.ini
Contoh isi file boot.ini pada dual OS Windows XP Mandarin & XP English :
[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOW S
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Micro soft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS=”Micro soft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
Keterangan :
- TimeOut : Waktu tunggu sebelum pemilihan OS dilakukan, dalam satuan detik
- Default : Partisi OS yang akan dipilih sebagai default, sehingga akan dieksekusi saat tidak dilakukan pilihan
- MultiDisk : Urutan pilihan yang tampil saat boot, ubah urutan partisi dan kata didalam ” ” (tanda petik) sesuai selera

7. RECOVERY CONSOLE

Dengan CD Installer
- Masuk BIOS, atur agar first boot pada CD/DVD
- Selanjutnya serupa dengan proses Install Windows
- Sampai bagian Welcome to Setup, tekan R untuk masuk ke dalam Recovery Console.
- Setelah masuk, pilih Windows mana yang akan dimasuki melalui Recovery Console (jika ada beberapa Windows ter-install) dengan memilih angkanya.
- Masukkan password Administrator
- Jika password benar, akan muncul prompt C:\Windows>, Recovery Console siap menerima input
Command di Recovery Console
- Attrib : Perintah untuk mengubah atribut sebuah file atau direktori. Contoh : ?attrib -h c:\config.sys? artinya, file config.sys yang berlokasi di direktori root C telah dihilangkan atribut Hidden-nya.
- Batch : Perintah untuk menjalankan sekumpulan perintah Recovery Console yang ada di sebuah file teks. Contoh : ?batch runme.txt postrun.txt? artinya, perintah batch akan menjalankan perintah yang sudah ditulis didalam file input runme.txt, sedangkan file postrun.txt sendiri akan dibuat secara otomatis sebagai output file.
- Bootcfg : Dipakai untuk membuat atau memodifikasi file boot.ini. Contoh : ?bootcfg /scan? artinya semua harddisk yang aktif akan diperiksa apakah ada Windows-nya.
- Chdir : Perintah untuk menampilkan huruf drive dan folder yang sedang dimasuki, juga untuk mengubah drive datau direktori yang ingin dipakai. Contoh : ?chdir system32? artinya, lokasi akan berpindah langsung ke direktori System32.
- Chkdsk : Perintah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki error pada harddisk. Contoh : ?chkdsk c: /p? artinya, drive C akan diperiksa apakah ada error-nya, sekaligus diperbaiki.
- Cls : Perintah untuk membersihkan layar dari teks.
- Copy : Perintah untuk menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain. Contoh : ?copy d:\i386\atapi.sy_ c:\atapi.sys? artinya, file atapi.sy_ didalam folder D:\i386 akan disalin ke C:\ dengan nama atapi.sys.
- Delete : Perintah untuk menghapus sebuah file. Contoh : ?delete c:\atapi.sys? artinya, file atapi.sys pada root drive C akan dihapus.
- Dir : Perintah untuk menampilkan daftar file atau folder pada folder aktif, juga informasi penting lain seperti nomor seri harddisk, jumlah file, ukuran serta kapasitas harrdisk. Contoh : ?dir c:\*.* /p ? artinya, semua yang ada di root C termasuk subfolder akan ditampilkan per halaman.
- Disable : Perintah untuk men-disable sebuah service atau driver. Contoh : ?disable imapi? artinya, service bernama IMAPI CD-Burning COM Service akan di-disable. Untuk menampilkan daftar service digunakan perintah Listsvc.
- Diskpart : Perintah untuk membuat atau menghapus partisi pada harddisk. Contoh : ?diskpart /add \Device\HardDisk0 1000? artinya, pada harddisk primary akan dibuat sebuah partisi baru dengan ukuran 1000MB. Cukup ketik diskpart untuk masuk pada interaktif mode.
- Enable : Perintah untuk mengaktifkan service atau driver. Contoh : ?enable imapi SERVICE_AUTO_START? artinya, service imapi diaktifkan dengan jenis startup SERVICE_AUTO_START.
- Exit : Perintah untuk mengakhiri Recovery Console.
- Expand : Perintah untuk mengekstrak file dari sebuah file terkompresi pada file CAB atau ZIP. Contoh : ?expand d:\cmpnents\netfx\i386\netfx.cab /f:alink.dll c:\? artinya, file bernama alink.dll dalam file terkompresi netfx.cab yang ada di D:\cmpnents\netfx\i386 diekstrak ke C:\.
- Fixboot : Perintah untuk menuliskan boot sector pada partisi yang ditentukan, terutama pada saat boot sector mengalami korup. Contoh : ?fixboot c:? artinya, menulis ulang boot sector pada drive C.
- Fixmbr : Perintah untuk menuliskan om Boot Record (MBR) baru ke harddisk, terutama saat virus merusak MBR sehingga Windows tidak bisa di boot. Contoh : ?fixmbr \Device\Harddisk0? artinya, MBR akan ditulis ulang pada harddisk primary.
- Format : Perintah untuk memformat drive yang diingink Contoh : ?help fixmbr? artinya, menampilkan semua informasi tentang perintah Fixmbr.
- Listsvc : Perintah untuk menampilkan daftar service dan driver dari Windows yang sedang aktif.
- Logon : Perintah untuk mendapat akses ke instan. Contoh : ?format c: /q /fs:NTFS? artinya, drive C akan diformat menggunakan file system NTFS dengan metode quick format.
- Help : Perintah untuk menampilkan informasi yg lebih detil tentang semua perintah di Recovery Console.alasi Windows yang ditentukan jika terdapat lebih dari satu Windows, saat ingin berpindah dari Windows satu ke lainnya tanpa melalui proses booting.
- Map : Perintah untuk menampilkan partisi, huruf drive, dan file system yang dipakai oleh Windows aktif.
- Mkdir : Perintah untuk membuat folder baru.
- More : Perintah untuk menampilkan isi dari file yang bisa dibuka dengan Notepad seperti TXT, INI, LOG, OLD, REG, BAT, dll. Contoh : ?more c:\windows\system.ini? artinya, file bernama system.ini pada direktori C:\Windows akan dilihat isinya.
- Rename : Perintah untuk mengubah nama sebuah file. Contoh : ?rename c:\windows\funny.log cute.log? artinya, file bernama funny.log pada direktori C:\Windows diubah menjadi cute.log.
- Rmdir : Perintah untuk menghapus sebuah folder.
- Set : Perintah untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan empat opsi di Recovery Console yaitu Allowwildcards, Allowallpaths, Allowremovablemedia dan Nocopyprompt.
- Systemroot : Perintah untuk mengembalikan ke folder systemroot dalam hal ini C:\Windows.
- Type : Perintah yang sama fungsinya dengan perintah More. Contoh : ?type c:\boot.ini? artinya, menampilkan isi file boot.ini yang ada di direktori C.
Memperbaiki / Mengganti File Boot.ini
- Masuk ke Recovery Console
- Ketik bootcfg /rebuild pada prompt
- Ketik ?Y? pada pertanyaan Add installation to boot list? (Yes/No/All)?
- Ketik versi Windows (co: Windows XP Professional) yang digunakan pada pertanyaan Enter Load Identifier:
- Ketik /fastdetect pada pertanyaan Enter OS Load options:
- Eject CD dan restart PC.
Merestore NTLDR dan Ntdetect[dot]com
- Masuk ke Recovery Console
- Ketik copy d:\i386\ntldr c:\ pada prompt
- Ketik ?Y? pada pertanyaan Overwrite
- Ketik copy d:\i386\ntdetect.com c:\ pada prompt
- Eject CD dan restart PC.
panjang banget

8. AKSES CD-ROM SAAT SAFEMODE

- Saat booting tekan F8
- Pilih Command Prompt only
- Ketik win /d:m

9. BUAT/EDIT AUTORUN.INF
- Masuk Command Prompt
- Ketik edit autorun.inf
- buat/edit file dengan struktur :
Header, selalu dimulai dengan tulisan ini
[autorun]
Icon, ikon device yang tampil di Explorer, contoh :
icon=doraemon.ico
icon=\my icon\doraemon.ico
icon=doraemon.exe
icon=system.dll, 2
Label, nama device yang tampilkan di Explorer, contoh :
label=Doraemon
Autoplay, aplikasi yang akan dieksekusi, contoh :
open=corel.exe
open=\program\corel.exe
Context Menu, menu yang ditampilkan saat klik kanan, contoh :
shell\aplikasi1\command=programku1.exe
shell\aplikasi2\command=aplikasi\programku2.exe
View File, membuka file saat device diakses, contoh :
shellexecute=http://www.google.co.id
shellexecute=\dokumen\readme.txt

10. MEMPERBAIKI BOOT.INI
- Masukkan CD Installer XP
- Booting dgn CD Installer XP
- Pada menu Microsoft Setup tekan R untuk masuk Recovery Console
- Pilih OS
- Masukkan password Admin
- Setelah masuk Command Prompt ketik bootcfg /rebuild
- Ketik Y untuk “Add installation to boot list? (Yes/No/All)”
- Ketik “Windows XP Profesional” atau “Windows XP Home Edition” untuk “Enter Load Identifier”
- Ketik /fastdetect untuk “Enter OS Load options”
- Keluarkan CD Installer XP
- Ketik exit, lalu restart komputer

11. MEMPERBAIKI om BOOT RECORD
MBR PADA WINDOWS XP

- Masukkan CD Installer XP
- Booting dgn CD Installer XP
- Pada menu Microsoft Setup tekan R untuk masuk Recovery Console
- Pilih OS yg akan di perbaiki
- Masukkan password Admin
- Setelah masuk Command Prompt ketik fixmbr
- Keluarkan CD Installer XP
- Ketik exit, lalu restart komputer
Cat: tidak boleh digunakan pada dual booting XP & Se7en
MBR PADA VISTA/SE7EN
- Masukkan CD Installer Vista/Se7en
- Booting dgn CD Installer Vista/Se7en
- Pilih Language, Time, Currency, dll lalu klik Next
- Klik Repair Your Computer
- Pilih OS yg akan di perbaiki
- Pilih Command Prompt
- Ketik bootrec.exe (boot configuration data), atau
bootrec.exe /fixmbr (hanya om boot record)
bootrec.exe /fixboot (boot sector)
bootrec.exe /rebuildbcd (keseluruhan data)

12. BUAT FILE UKURAN TERTENTU

- Buka program Calculator, pilih Scientific mode
- Ketik ukuran file yang dikehendaki, misal 1000000 (satu juta byte)
- Konversikan ke Hex, misal hasilnya F4240
- Tambahkan angka nol disebelah kiri hingga tercapai delapan digit, misal 000F4240
- Buka Command Prompt
- Ketik DEBUG FILEKU.DAT
- Abaikan pesan ‘File not found’
- Ketik RCX, lalu tekan Enter
- Ketik empat digit terakhir, misal 4240, lalu tekan Enter
- Ketik RBX, lalu tekan Enter
- Ketik empat digit pertama, misal 000F, lalu tekan Enter
- Ketik W (untuk Write)
- Ketik Q (untuk Quit)
- Selamat! File dengan nama FILEKU.DAT dg size 1MB tercipta!

13. ASOSIASI FILE DR COMMAND PROMPT

Melihat Semua Asosiasi File
- Masuk Command Prompt
- Ketik assoc
Melihat Asosiasi File Tertentu
- Masuk Command Prompt
- Ketik assoc [ekstensi file], contoh :
C:\>assoc .txt
.txt=txtfile
Menyimpan Semua Asosiasi File
- Masuk Command Prompt
- Ketik assoc > DAFTAR.TXT
Merubah Asosiasi File
- Masuk Command Prompt
- Ketik assoc [ekstensi file]=[tipe file], contoh :
C:\>assoc .txt=txtfile
C:\>assoc .rar=WinRAR
C:\>assoc .html=Htmlfile
Menghapus Asosiasi File
- Masuk Command Prompt
- Ketik assoc [ekstensi file]= , contoh :
C:\>assoc .xls=
Me-repair Asosiasi File .REG & .EXE, contoh :
- Masuk Command Prompt
- Ketik :
C:\>assoc .exe=exefile
C:\>assoc .reg=regfile

14. COPAS DI COMMAND PROMPT

- Masuk Command Prompt
- Klik Kanan
- Pilih Mark
- Blok Teks/Baris yang akan di Copy
- Tekan Enter
- Buka Notepad
- Tekan Ctrl+V (Paste)

15. DELAY DI COMMAND PROMPT

- Masuk Command Prompt
- Ketik ping -n 5 127.0.0.1 > NUL 2>&1 untuk delay 5 detik, contoh :
C:\>ping -n 5 127.0.0.1 > NUL 2>&1 && dir C:\*.*
(tunggu 5 detik, lalu lihat isi Directory C:\)

16. USB PRINTING DR COMMAND PROMPT
- Masuk Command Prompt
- Contoh, ketik C:\>start /min notepad /p D:\Coba.txt
(print file text lsg ke USB Printer dg bantuan Notepad yg di Minimized)

17. CEK MALWARE

Mengetahui program apa yg membuat koneksi dg dunia luar
- Masuk Command Prompt
- Ketik netstat -b
- Hasilnya :
Active Connections
Proto Local Address Foreign Address State PID
TCP user-23d008f:5507 cds46.sin.llnw.net:http ESTABLISHED 3014
[Foxit Phantom.exe]
TCP user-23d008f:5513 zak.avira.com:http ESTABLISHED 2056
[update.exe]
Memonitor secara terus menerus (tiap 5 detik)
- Masuk Command Prompt
- Ketik netstat -b 5 >> C:\MALWARE.TXT
- Tekan Ctrl+C untuk berhenti

18. HAPUS/BUAT PARTISI

- Masuk Command Prompt
- Ketik diskpart
- Setelah masuk DISKPART>
- Ketik list disk
- Pilih HDD yg akan di hapus partisinya, contoh :
DISKPART> select disk 3
- Hapus semua partisi di HDD terpilih, contoh :
DISKPART> clean
- Buat Partisi Utama sebesar 10GB, contoh :
DISKPART> create partition primary size = 10000
DISKPART> create partition extended
- Sisa HDD dibuat Partisi Logical, contoh :
DISKPART> create partition logical
- Refresh dengan :
DISKPART> rescan
- Lihat hasilnya :
DISKPART> list partition
Cat : berbahaya, resiko di tanggung masing-masing!

19. SIMPAN INFORMASI SYSTEM

- Masuk Command Prompt
- Ketik systeminfo > C:\Info.txt
- Ketik edit C:\Info.txt , atau
- Buka file Info.txt dengan Notepad

20. KONEKSI TCP/IP

Melihat semua koneksi
- Masuk Command Prompt
- Ketik [b]C:\>netstat -an[/ ESTABLISHED
TCP 10.201.141.150:2489 204.14.90.25:B]
- Hasilnya :
Active Connections
Proto Local Address Foreign Address State
TCP 0.0.0.0:125 0.0.0.0:0 LISTENING
TCP 10.201.141.150:2476 74.125.235.3:6060 TIME_WAIT
UDP 192.118.97.1:1900 *:*

21. EKSEKUSI MULTI COMMAND

- Masuk Command Prompt
- Pisahkan tiap perintah dengan tanda && contoh :
C:\>copy D:\Coba.txt C:\ && ren D:\Coba.txt Berubah.txt
D:\>ren D:\a*.jpg D:\a*.bmp && del D:\b*.jpg && move D:\c*.jpg E:\Gambar

23. TRANSPARENT COMMAND PROMPT
Membuat Command Prompt jd transparan di Vista / Se7en
- Download http://www.deviantart[dot]com/download/1…_by_komalo.exe
- Extract file RAR, lalu run Glass CMD.exe
- Buka Command Prompt
xp gak bisa bro

24. LOGOFF, RESTART, SHUTDOWN

Logoff Komputer setelah 1 menit
- Masuk Command Prompt
- Ketik shutdown -l t 60
Restart Komputer setelah 1 jam
- Masuk Command Prompt
- Ketik shutdown -r t 360
Shutdown Komputer setelah 10 detik dg pesan
- Masuk Command Prompt
- Ketik shutdown -s t 10 -c “10 Detik Lagi Mati!”
Batalkan perintah
- Masuk Command Prompt
- Ketik shutdown -a

25. LOGOFF, RESTART, SHUTDOWN (REMOTE)

Logoff, Restart dan Shutdown secara remote pada lingkungan jaringan
- Masuk Command Prompt
- Ketik shutdown -i
- Muncul Remote Shutdown Dialog
- Klik ADD
- Masukkan IP Komputer yg dituju
- Pilih Logoff, Restart atau Shutdown pada list
- Hilangkan tanda centang pd Warn users of the action
- Klik OK

26. SEPUTAR TIME ZONE
Melihat daftar Display Name & Time Zone ID
- Masuk Command Prompt
- Ketik tzutil /l
Melihat Time Zone yang sedang aktif
- Masuk Command Prompt
- Ketik tzutil /g
Mengganti Time Zone
- Masuk Command Prompt
- Ketik tzutil /s “TimeZoneID”, contoh :
Untuk (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta, ketik
tzutil /s “SE Asia Standard Time”
Untuk (UTC+08:00) Kuala Lumpur, Singapore, ketik
tzutil /s “Singapore Standard Time”

27. WARNA DI COMMAND PROMPT
Daftar warna :
0 = Black
1 = Blue
2 = Green
3 = Aqua
4 = Red
5 = Purple
6 = Yellow
7 = White
8 = Gray
9 = Light Blue
A = Light Green
B = Light Aqua
C = Light Red
D = Light Purple
E = Light Yellow
F = Bright White
- Masuk Command Prompt
- Ketik color [warnalatar][warnateks], contoh :
color 46
(warna latar belakang merah, warna teks kuning)
- Untuk kembali ke warna asli, cukup ketik color

28. AKSES CEPAT
- Masuk Command Prompt
Untuk mengakses secara langsung…
- ADD/REMOVE PROGRAMS, ketik appwiz.cpl
- CHARACTER MAP, ketik charmap
- COMPUTER MANAGEMENT, ketik compmgmt
- DATE TIME PROPERTIES, ketik timedate.cpl
- DEVICE MANAGER, ketik hdwwiz.cpl atau devmgmt
- DEVICE & PRINTER, ketik control printers
- DIRECTX DIAGNOSTIC, ketik dxdiag
- DISK CLEANUP, ketik cleanmgr
- DISPLAY PROPERTIES, ketik desk.cpl
- EASE OF ACCESS CENTER, ketik utilman
- EVENT VIEWER, ketik eventvwr
- FOLDER OPTIONS, ketik control folders
- FONTS, ketik control fonts
- GAME CONTROLLERS, ketik joy.cpl
- INTERNET PROPERTIES, ketik inetcpl.cpl
- KEYBOARD PROPERTIES, ketik control keyboard
- LOCAL GROUP POLICY EDITOR, ketik gpedit
- LOCAL SECURITY POLICY, secpol
- LOCAL USERS & GROUPS, ketik lusrmgr
- MOUSE PROPERTIES, ketik main.cpl atau control mouse
- NETWORK CONNECTIONS, ketik ncpa.cpl atau control netconnections
- PERFORMANCE MONITOR, ketik perfmon
- POWER OPTIONS, ketik powercfg.cpl
- PRIVATE CHARACTER EDITOR, ketik eudcedit
- REGIONAL SETTINGS, ketik intl.cpl
- REGISTRY EDITOR, ketik regedit
- REMOTE DESKTOP CONNECTION, ketik mstsc
- SECURITY CENTER, ketik wscui.cpl
- SHARED FOLDERS, ketik fsmgmt
- SOUND PROPERTIES, ketik mmsys.cpl
- SYSTEM CONFIGURATION, ketik msconfig
- SYSTEM PROPERTIES, ketik sysdm.cpl
- TASK SCHEDULER, ketik control schedtasks
- WINDOWS COLOR & APPEARANCE, ketik control color
- WINDOWS FIREWALL, ketik firewall.cpl
- WINDOWS MAGNIFY, ketik magnify
- WINDOWS SERVICES, ketik dcomcnfg
- WINDOWS TASK MANAGER, ketik taskmgr

29. OTOMATISASI TUGAS
Defrag Drive C: setiap hari, pada jam 11 malam
- Masuk Command Prompt
- Ketik schtasks /create /tn “Rapikan C” /tr “defrag c: /f” /sc daily /st 23:00:00 /ru “System”
Menjalankan Program Belanja setiap awal bulan
- Masuk Command Prompt
- Ketik schtasks /create /tn “Belanja Yuk” /tr C:\Aplikasi\Belanja.exe /sc monthly
Menjalankan Program Gaji setiap akhir bulan
- Masuk Command Prompt
- Ketik schtasks /create /tn “Hitung Gaji” /tr C:\Aplikasi\Gaji.exe /sc monthly /mo lastday /m *
Logoff saat komputer idle lebih dari 5 menit
- Masuk Command Prompt
- Ketik schtasks /create /tn “Jaga Privasi” /tr shutdown -l /sc onidle /i 5
Melihat daftar tugas yg sudah dibuat
- Masuk Command Prompt
- Ketik schtasks
scheduler ini bro

30. INFORMASI DRIVER
Melihat driver yg ter-install
- Masuk Command Prompt
- Ketik driverquery
Module Name Display Name Driver Type Link Date
============ ====================== ============= ======================
V0260VID Live! Cam Vista IM Kernel 04/11/2006 21:45:46
vmusb VMware USB Client Driv Kernel 01/09/2009 18:51:50
WF23880 WinFast TV2000/DV2000 Kernel 18/10/2004 10:25:03
ztemtusbser ZTEMT Legacy Serial Co Kernel 06/02/2009 16:04:18
Melihat driver ter-install lbh detil
- Masuk Command Prompt
- Ketik driverquery /v
V0260VID Live! Cam Vista IM Live! Cam Vista IM Kernel Manual
Running OK TRUE FALSE 0,00 129.408,00 0,00
04/11/2006 21:45:46 C:\WINDOWS\system32\DRIVERS\V0260Vid.sys 1.536,00
vmusb VMware USB Client Driv VMware USB Client Driv Kernel Manual
Stopped OK FALSE FALSE 0,00 17.920,00 0,00
01/09/2009 18:51:50 C:\WINDOWS\system32\Drivers\vmusb.sys 2.176,00
WF23880 WinFast TV2000/DV2000 WinFast TV2000/DV2000 Kernel Auto
Running OK TRUE FALSE 0,00 83.520,00 0,00
18/10/2004 10:25:03 C:\WINDOWS\system32\drivers\wf88vcap.sys 1.568,00
ztemtusbser ZTEMT Legacy Serial Co ZTEMT Legacy Serial Co Kernel Manual
Running OK TRUE FALSE 0,00 91.776,00 0,00
06/02/2009 16:04:18 C:\WINDOWS\system32\DRIVERS\CT_ZTEMT_U_USBSER.sy 2.560,00
Melihat Signed Driver
- Masuk Command Prompt
- Ketik driverquery /si
DeviceName InfName IsSigned Manufacturer


Realtek High Definition Audio oem5.inf TRUE Realtek
Live! Cam Vista IM oem13.inf TRUE Creative Technology
ZTE USB Modem FFF1 oem11.inf TRUE ZTEMT Corporation
WinFast DV2000 WDM TVTuner.(PA oem9.inf TRUE Leadtek Research Inc
VMware Virtual Ethernet Adapte oem16.inf TRUE VMware, Inc.

Komentar kalian

Total Tayangan Laman

Tukar Link Yuk..!!!

SUBHANOSUKE